Culinary Creatives // Dade Akbar

Posted: 26 January 2018 Category: Blog

Pembicara-pembicara muda kreatif ini adalah salah satu inspirasi terbesar Ubud Food Festival dalam memilih tema tahun 2018 ini, ‘Generasi Inovasi’. Mereka berhasil membawa sesuatu yang baru dan seru ke dalam industri kuliner Indonesia, serta sukses menjadi idola baru kuliner. Hari ini kami berbincang dengan Dade Akbar atau yang lebih dikenal di Instagram sebagai @warteggourmet.

Apakah Warteg Gourmet itu dan kenapa Mas Dade memulai akun Warteg Gourmet?

Jadi Warteg Gourmet itu sebenarnya adalah sekte dari masa depan yang melihat makanan sederhana Indonesia itu potensinya gede banget. Jadi awalnya itu memang project (passion) kecintaan saya akan makanan indonesia yang sederhana ini. Bagaimana caranya bisa kembali mencuri perhatian orang banyak? Sebagai tribute dan acknowledge untuk makanan yang selalu menemani hidup saya dari kecil hingga saat ini. Di mana pada akhirnya project ini menjadi suatu movement untuk mempromosikan makanan Indonesia dengan caranya sendiri.

Kenapa di Instagram?

Kenapa tidak? Soalnya saya ngga pernah lihat ada orang yang posting makanan warteg di Instagram, kan kasihan ya? Dan ya karena Instagram itu platform sosial media yang visual based, di mana kita sekarang ada di era visual ya, jadi suatu pesan akan sangat kuat tersampaikan jika dilengkapi dengan visual yang menarik.

Sejak dimulai sampai saat ini, bagaimana respon netizen untuk Warteg Gourmet? Apakah sesuai harapan Mas Dade?

Alhamdulillah sangat suportif, komunitasnya terbentuk dengan sendirinya, antusiasme meningkat dari tahun ke tahun, bahkan banyak sekali project yang berangkat dari inisiatif followers Warteg Gourmet. Thank you guys!

Nah, sekarang tolong ceritakan tentang seorang Dade Akbar

Saya orangnya penasaran. Sebagai pelaku kreatif, saya melihat kreatif dan inovatif itu menjadi way of life, bagaimana kita melihat sesuatu tidak hanya dalam satu sudut pandang saja, karakteristik ini tampak dalam cara saya berkarya dalam Warteg Gourmet.

Apa Mas Dade merasa bahwa Mas bagian dari Generasi Inovasi?

Yes, thank god for the internet. Semua informasi sangat deras bisa kita terima, semua hal baru dan menarik dari belahan dunia manapun bisa kita konsumsi.

Kalau menurut Mas Dade sendiri apa itu Generasi Inovasi?

Generasi inovasi adalah generasi yang tidak tinggal diam, tidak mau kalah, generasi yang tidak puas dengan status-quo, dinamis, tidak mudah puas, open minded dalam segala hal, kreatif, dan selalu bisa survive dalam segala kondisi.

Kalau harus menghayal, kira-kira masa depan industri kuliner Indonesia akan seperti apa?

Kuliner Indonesia akan menjadi menu dunia, karena dengan kemajuan informasi kaya sekarang ini, ngga bisa dipungkiri inovasi dalam rasa, teknik, dan bentuk bisa membentuk output kuliner indonesia menjadi sesuatu yang outstanding dan bisa diterima oleh dunia global, mungkin itu way-in yang harus kita ulik, seamlessly memasukan kuliner Indonesia dalam peta menu global.