Menu

Quarantine Kitchen // Bitterballen

Posted: 12 June 2020 Category: Blog

Apa kabar para Food Lovers hari ini? Apakah kamu semua yang masih terus berada di rumah untuk menjalani pembatasan sosial, telah mencoba resep-resep Quarantine Kitchen? Quarantine Kitchen adalah seri sosial media yang diluncurkan Ubud Food Festival Presented by ABC agar kamu semua semangat masak di rumah. Menampilkan tim Festival, kami harap seri ini dapat membuat dapurmu lebih berwarna.

Di hari ini, Marketing & Communications Manager Festival, Ayundari Gunansyach memasak bitterballen, camilan favorit di keluarganya. Bitterballen adalah hidangan yang berasal dari negara Belanda namun terakulturasi dalam kuliner Indonesia karena sejarah panjang penjajahan Belanda di Indonesia. Dengan tekstur yang renyah di luar namun lembut di dalam, bitterballen adalah camilan yang mudah disukai semua orang.

Bitterballen

Bahan-bahan:
150g bawang bombay, cincang
5 siung bawang putih, cincang
250g jamur kancing, cincang
5 sdm mentega
500ml susu cair putih
7 sdm tepung terigu
6 sdm seledri cincang
200g tepung roti
1 butir telur kocok
Garam
Merica
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Sambal ABC Extra Pedas

Cara Memasak:
1. Panaskan mentega di atas wajan, lalu tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan lunak. Lalu masukan jamur, garam, merica, dan tumis hingga harum selama 2 menit.
2. Masukan 4 sdm tepung terigu ke tumisan bawang dan jamur lalu aduk hingga menggumpal. Tuang susu cair dan aduk terus hingga adonan padat dan mencapai konsistensi yang dapat dibentuk. Terakhir masukan seledri dan aduk sebentar selama beberapa detik. Angkat dan diamkan selama 30 menit hingga adonan dingin.
3. Siapkan sisa tepung terigu, telur kocok, dan tepung roti di dalam mangkuk yang berbeda-beda. Ambil adonan yang sudah dingin sebanyak 1 sdm dan bentuk bulat-bulat. Celupkan adonan yang sudah dibentuk bulat ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke telur kocok dan terakhir gulingkan di tepung roti.
4. Dalam wajan, panaskan minyak dan goreng bola-bola yang sudah dilapis tepung roti hingga berwarna cokelat keemasan.
5. Hidangkan selagi hangat ditemani Sambal ABC Extra Pedas.