Menu

Quarantine Kitchen // Gyoza

Posted: 19 June 2020 Category: Blog

Apa kabar para Food Lovers hari ini? Apakah kamu semua yang masih terus berada di rumah untuk menjalani pembatasan sosial, telah mencoba resep-resep Quarantine Kitchen? Quarantine Kitchen adalah seri sosial media yang diluncurkan Ubud Food Festival Presented by ABC agar kamu semua semangat masak di rumah. Menampilkan tim Festival, kami harap seri ini dapat membuat dapurmu lebih berwarna.

Di Quarantine Kitchen hari ini, UFF Assistant Program Manager, Harni Hapsari, menampilkan cara memasak gyoza, pangsit khas Jepang. Meskipun pangsit berasal dari Tiongkok, hidangan ini sudah banyak diadaptasi oleh negara-negara lainnya dan terakulturasi ke dalam budaya mereka. Gyoza sendiri juga memiliki banyak penggemar di Indonesia karena rasa yang mudah diterima di lidah orang Indonesia.

Gyoza

Bahan-bahan:
300g daging ayam cincang
100g daging udang cincang
1 labu siam ukuran kecil, parut kasar
2 siung bawang putih, parut halus
30g tepung tapioka
1 butir telur
Garam
Gula
Merica
Minyak wijen
Saus tiram
Kulit pangsit atau gyoza

Bahan saus pedas:
5 sdm Sambal ABC Extra Pedas
1 sdm cuka
3 sdm air putih matang

Cara Membuat:
1. Campur ayam cincang, udang cincang, labu siam, dan telur lalu aduk merata. Masukan garam, merica, gula, minyak wijen, dan saus tiram sesuai selera, lalu aduk kembali hingga merata. Terakhir, masukan tepung tapioka dan aduk perlahan.
2. Siapkan pembungkus pangsit atau gyoza, letakan satu sendok makan adonan isian di tengah pembungkus. Oles tipis pinggiran pembungkus dengan air lalu dilipat sesuai instruksi video.
3. Di wajan penggorengan, panaskan empat sendok makan minyak. Saat minyak sudah panas letakan gyoza dan goreng selama tiga menit atau hingga bagian bawah gyoza kecokelatan. Tuang 1/2 gelas air ke dalam wajan lalu tutup dan masak selama lima menit.
4. Untuk membuat saus pedas, campur semua bahan di dalam mangkuk kecil dan aduk rata.
5. Sajikan gyoza selagi hangat bersama saus pedas.