Spice Up the World: Ubud Food Festival 2019 Presented by ABC, Sebuah Ide untuk Menjadikan Hidangan Indonesia Mendunia

Posted: 04 December 2018 Category: Blog, News

Salah satu festival kuliner paling dinantikan di Indonesia, Ubud Food Festival Presented by ABC (UFF) akan kembali diselenggarakan pada tanggal 26-28 April 2019. Setelah berhasil mengajak sekitar 12.000 pencinta kuliner untuk menikmati penjelajahan kuliner selama tiga hari pada bulan April lalu, UFF sedang bersiap meracik program-program menarik untuk disajikan pada tahun kelimanya. Festival akan menghadirkan sesi diskusi, demo masak, lokakarya, kelas memasak, acara spesial, pertunjukan musik, pemutaran film, peluncuran buku, dan masih banyak lagi. Tahun ini, UFF akan merayakan beragam kelezatan hidangan dan gastronomi paling memikat bersama para pencinta kuliner dari dalam dan luar negeri melalui tema ‘Spice Up the World’.

Melalui tema ‘Spice Up the World’, Festival mengangkat sebuah ide untuk menjadikan hidangan Indonesia mendunia. Saat hidangan-hidangan dari Asia Tenggara seperti yang berasal dari Thailand dan Vietnam dipuja di industri kuliner internasional, ternyata hidangan Indonesia belum bisa menjadi bintang. Namun, hal ini mulai berubah. Restoran-restoran Indonesia kian menjamur. Truk makanan yang menyajikan menu-menu khas Indonesia telah memanjakan warga Melbourne hingga Manhattan. Di Jakarta dan Bali, banyak restoran yang mulai menawarkan hidangan lokal dengan standar kelas dunia.

Festival tahun ini akan mengeksplorasi cara-cara paling efektif untuk membuat hidangan khas negara Asia Tenggara yang paling padat penduduknya ini ‘go global’. Mulai dari melihat langsung demo masak terbaik dari para juru masak internasional, mendengarkan kisah sukses dan perjuangan para pahlawan kuliner lokal yang selalu berusaha mengangkat hidangan Indonesia, hingga berdiskusi isu seputar kuliner dan bahan pangan yang menarik, UFF 2019 akan menjadi sebuah perayaan gagasan untuk membumbui dunia dengan hidangan khas Indonesia.

“Sejak tahun pertama penyelenggaraan Festival, berbagi hidangan Indonesia yang luar biasa dan budaya kuliner yang menarik telah menjadi salah satu tujuan dari Ubud Food Festival,” ujar Founder & Director UFF Janet DeNeefe. “Dengan tema sebelumnya, kami telah mengangkat hasil bumi lokal, warisan kuliner yang kaya, dan industri makanan inovatif.

“Kami menyadari bahwa hidangan Indonesia tidak sepopuler hidangan dari negara Asia Tenggara lainnya. Namun, hal ini tidak akan berlangsung lama! Banyak para pencinta kuliner yang mulai tertarik dengan bumbu beraroma kuat, sejarah budaya kuliner yang mengagumkan, dan rasa yang menggigit lidah.

“Inilah alasannya, untuk tahun kelima ini, kami memilih ‘Spice Up the World’ sebagai temanya. Kami ingin menunjukkan kepada pencinta kuliner di seluruh dunia bahwa sudah waktunya mereka menambahkan hidangan Indonesia dalam daftar favorit mereka. Selain itu, melalui makanan, mereka pun bisa belajar sesuatu tentang Indonesia. Makanan adalah cara termudah untuk mempelajari budaya,” ujarnya.

Berbagi semangat Festival untuk merayakan kuliner Indonesia di negeri sendiri dan dengan dunia, UFF sangat antusias dapat bekerja sama dengan ABC, salah satu merek makanan terkemuka di Indonesia, sebagai Presenting Partner untuk kedua kalinya. Dhiren Amin, Head of Marketing Kraft Heinz ABC Asia Tenggara, mengatakan, “Kami merasa senang dapat menjadi Presenting Partner UFF untuk tahun 2019. Sebagai merek makanan asli Indonesia, ABC berkomitmen untuk mendukung perkembangan kuliner Indonesia.

“Kerja sama dengan UFF ini adalah bukti dukungan kami untuk ikut mempopulerkan masakan Indonesia, dan banyak hidangan lain yang layak untuk dikenal dan dicintai secara internasional. Selain visi kami yang sama, tema Festival ‘Spice Up the World’ juga merupakan wujud nyata dedikasi ABC untuk sambal Indonesia. Jika ada satu hal yang menyatukan masakan Indonesia yang beragam, itu adalah sambal,” lanjut Dhiren Amin.

“Kami sangat antusias dengan adanya kerja sama antara UFF dan ABC untuk kedua kalinya ini,” ujar Janet DeNeefe. “Berbagi visi dan minat yang sama telah menjadikan kerja sama ini terjalin begitu kuat, dan kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua tim dari ABC atas dukungan mereka, yang akan membantu kami menghadirkan Festival terbaik dan ‘terpedas’ kami tahun ini.

“Kami benar-benar menantikan kehadiran para pencinta kuliner dari seluruh Indonesia dan negara-negara lainnya pada tahun kelima Festival. Kami pun berharap Anda telah bersiap membantu kami membumbui dunia dengan hidangan-hidangan Indonesia!” tutup Janet DeNeefe.

Nama pembicara tahap awal akan diumumkan pada pertengahan February 2019. Tiket akan diluncurkan bersamaan dengan pengumuman program dan nama pembicara lengkap pada akhir Februari. Ikuti UFF di Facebook dan Instagram untuk update terbaru.