Tujuh Langkah yang Bisa Kamu Lakukan untuk Meminimalisasi Sampah di Ubud Food Festival 2019

Posted: 11 April 2019 Category: Blog, News

Ubud Food Festival 2019 Presented by ABC berkomitmen untuk meminimalisasi semua bentuk sampah atau limbah saat acara. Mulai dari sisa sampah organik dari demo masak di Kitchen Stage dan Teater Kuliner, hingga mendorong lebih dari 70 vendor di Taman Kuliner untuk menghindari kemasan sekali pakai, Festival memainkan perannya dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab. Namun, semua pengunjung Festival harus memainkan peran mereka juga, jadi berikut tujuh langkah yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi sampah di UFF19.

Bawa peralatan makanmu sendiri (kamu bisa mencucinya di Cleaning Station).

Membawa botol air milik sendiri saat meninggalkan rumah, kini menjadi kebiasaan bagi banyak orang, jadi seharusnya tidak terlalu sulit bagi kita untuk mulai membawa peralatan makan milik sendiri juga. Bagi yang membawa wadah, piring, atau alat makan mereka sendiri, kamu dapat mencucinya di Cleaning Station di Taman Kuliner – coba perhatikan papan penanda.

Pilah sampahmu.

Semua sampah yang dihasilkan di Festival akan dipilah dalam kategori sampah makanan, sampah organik, sampah non-organik, gelas, dan plastik. Akan ada sepuluh Sorting station di Taman Kuliner, jadi ketika kamu selesai makan, bawa sampahmu ke Sorting Station dan pilah sesuai dengan kategori tersebut. Seorang anggota kru kami akan berada di sana untuk membantumu.

Bantu tim Festival untuk menjaga Taman Kuliner tetap bersih.

Jika kamu melihat sampah yang berserakan di tanah, tolong bantu tim Festival kami dengan membawanya ke Sorting Station. Jika setiap pengunjung Festival dapat mengambil beberapa potong sampah, itu akan membuat perbedaan besar.

Isi ulang botol air di Refill Station.

Untuk donasi ke organisasi amal yang bekerja sama dengan kami, kamu dapat mengisi ulang botol airmu di AQUA Refill Station yang terletak di Lounge Area di Taman Kuliner. Menyantap makanan yang berasal dari berbagai daerah di nusantara kemudian menari riang pada malam harinya adalah hal yang cukup bisa membuatmu kehausan, jadi ingat untuk tetap terhidrasi!

Tanya ke vendor-vendor mengenai strategi pengelolaan sampah mereka.

Banyak vendor Taman Kuliner akan memiliki strategi pengelolaan sampah mereka sendiri, seperti menggunakan kemasan makanan yang dapat terbiodegradasi, menjual peralatan makan yang dapat digunakan kembali, atau menawarkan diskon kepada mereka yang membawa peralatan makan sendiri. Jika kamu membeli makanan dari vendor yang menurutmu baik dalam hal pengelolaan sampah, beri tahu teman dan tim Festival melalui media sosial dengan menggunakan tagar #gogreenUFF19.

Jangan merokok di area tertutup dan selalu gunakan asbak yang disediakan.

Jika kamu perokok, saat kamu selesai merokok, tolong untuk tidak membuang putung rokoknya sembarangan! Temukan satu dari banyak asbak yang disediakan.

Datang ke satu dari acara-acara bertema pengelolaan sampah.

Kami akan berbagi lebih banyak informasi mengenai inisiatif pengurangan sampah/limbah segera. Jika kamu punya pertanyaan mengenai inisiatif-inisiatif ini, silakan hubungi tim kami..